10/09/08

Paling Enak Menjelang Buka Puasa Ngidam, makan apa aja Yah ??


Di bulan Ramadhan, Umat muslim di dunia menjalankan puasa serentak. Di bulan yang suci dan istimewa ini, hal yang terjadi merupakan hal yang serba spesial. Baik dapat cobaan, teguran, makan sahur dan makan berbuka, kita ingin hal tersebut dinikmati dengan bersyukur dan hal biasa jadi istimewa.
Disaat sahur memang suasana kurang mendukung untuk persiapan hal-hal menjadi istimewa, karena masih terbawa pengaruh waktu tidur dan waktunya sebentar.
tetapi di saat menjelang buka puasa, saya kira tiap muslim di dunia mempunyai waktu untuk berimajinasi demi menyantap atau mendapat suasana buka puasa yang nikmat. Iklim yang dibawa saat berbuka puasa amat berbeda dan menajubkan, walaupun makanan atau suasanannya sama saja seperti waktu-waktu biasa, tetapi tetap disaat buka puasa suasana yang terlahir amat sempurna untuk kita menyiapkan santapan guna melepas puasa maupun rasa lapar dan haus.

Makanan yang paling sempurna disantap buka puasa :

1. Batalkan Puasa dengan meminum air putih, sebagai penetralisir tubuh dari kehilangan dahaga

2. Siapkan tajil yang manis-manis, seperti Kurma, coklat, pisang, dll guna menarik daya kecap kita akan rasa dan mengawali cemilan pertama

3. Dipersihlakan Minum-minum yang manis, seperti Es teh manis (minuman andalan nan murah meriah), es belewah, es timun suri, es kelapa, es campur (kelapa, belewah, natadecoco, selasih, alpukat, nangka dan sirup (tergantung kesukaan) gw rasa melon atau cream)

4. Ada ritual yang biasa dikonsumsi, Kolak, baik pisang, umbi, biji salak, dan campurannya yang lain, kalo gw kurang suka kolak, karena faktor santan yang buat blenek.

5. Berhenti sejenaklah, sihlakan wudhu dan solat magrib, mau jamaah atau sendiri.

6. Sambil tunggu turun makanan, perut tidak kaget dan kepenuhan, menurut gw nonton lawakan, sinetron, film di dvd, main games (PS, WII, XBox, PC), Chatting, atau browsing

7. Jam 7 keatas, siap-siaplah wudhu dan memulai solat Isya dan sekalian ke masjid Taraweh, mau yang 11 rokaat atau 23 rokaat, tinggal pilih? pastinya 11 rokaat, ada ceramahnya di awal yang mungkin buat lama dan 23 rokaat langsung taraweh dan ceramahnya di akhir.

8. Sampai dirumah atau ngumpul-ngumpul ma temen, keluarga, pacarar abis taraweh dan ngabiasin waktu karena dijalan atau dirumah makanan gitu-gitu aja atau bahkan kaga masak dirumah, paling enak makan diluar bareng.

* Ma Temen, Makan yang gampang dan muarah meriah aja, kaya makan nasi goreng gila(Menteng), kambing pedes manis (Bakti), atau nasgor abang-abang tek-tek atau Tok-tok (reco : tok-tok, lebih enak) dan kalo bisa minta ke abang-abangnya bikin nasgos campur mie dan toge dan extra kerupuk (heheheh), Sate padang (Depan Pasar tebet barat), Nasi uduk+pecelnya (Pecel pak Joko, Pecel PL, yang dipinggir-pinggir jalan banyak).



* Ma Keluarga, boleh makan ayam di Mbok berek, Suharti, Penyek, Presto, Wong solo atau yang suka makan soto, di daeng tata, soto gebrak, soto ayam taman radal+kulit gorengnya, soto Kudus, dll. ma keluarga ini pasti boyok yang bayar, pilih aja makanan yang menurut lo pada enak-enak.



* Ma Pacar, mungkin ga jauh beda ma makan ma temen, mungkin bedanya suasana aja, mungkin KFC, Mcd. Inget buat apa makan yang mahal, pacar kita harus mau di ajak donk makan dimana aja. ia Ga?
Sampai dirumah, kita hajar makanan yang ada dengan kesanggupan perut. mungkin dirumah disediain rendang, opor ayam, ayam goreng, bakar, pepes atau ikan goreng, bakar/pepes. klo gw, makanan yang paling dimau pas dirumah, ayam goreng yang garing+sambel terasi, kerupuk udang dan sayur-sayuran (saat ini yang gw mau, di jam 3 krg) atau boleh ayam KFC 2 biji, dada plus sayap dan pudingnya. Mmmmm......

Seklebat pemikiran dan imajinasi akan makanan atau minuman yang diinginkan saat ini atau di beberapa jam kemudian, memang akan berubah imajinasinya tapi hal itu bisa jadi karena dari penglihatan, rasa, pendengaran dan pemikiran yang berkombinasi (Apa ia?)
Pokoknya kita sebagai manusia individu bebas berekspresi Toh!!!

2 komentar:

Andri Maila mengatakan...

Mangnya klo lagi puasa boleh makan ya...

Anonim mengatakan...

yah... dah lama sih

klo aku sih lebih suka buka pake penganan gorengan..lebih merakyat

Template by : kendhin x-template.blogspot.com
...